naga_net

naga_net

Cari Blog Ini

Memuat...

Follow by Email

penyesuaian diri hewan dan tumbuhan

Jumat, 25 Februari 2011

RPP BAHASA INDRAMAYU KELAS 5 SEMESTER 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                            Mata Pelajaran             : Bahasa Indramayu
                                            Kelas / Semester          : VI / II
                                            Pertemuan ke               : 1
                                            Alokasi Waktu  :           : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi     : Membaca (maos) memahami teks panjang
Kompetensi Dasar        : membaca nyaring
Indikator                      : -  membaca nyaring dengan pengucapan dan intonasi yang benar
-   Membaca pertanyaan yang sesuai dengan isi teks
Tujuan Pembelajaran   :
            Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :
-       Membaca nyaring dengan pengucapan dan intonasi yang benar
-       Membaca dengan kaidah-kaidah tanda baca
-       Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan  teks bacaan
Materi Pokok                : teks wacaan
Metode Pembelajaran   : Tanya jawab, ceramah berfariasi,pemberian tugas
Langkah-langkah pembelajaran
a.     Kegiatan awal
Ø  Guru mengecek kondisi siswa dan kelas
Ø  Guru memfokuskan siswa pada pelajaran dengan menyanyi lagu yang sesuai dengan materi yaitu Menanam jagung
Ø  Menyampaikan tujuan yang akan ditempuh pada pembelajaran
b.    Kegiatan inti
Ø  Siswa bersama-sama membaca teks dengan nyaring
Ø  Siswa menuliskan kata-kata yang belum dipahami
Ø  Siswa dengan bimbingan guru mencari arti kata tersebut dalam kamus bahasa indramayu
Ø  Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks bacaan
c.     Kegiatan akhir
Ø  Guru member penguatan dan kesimpulan dari materi
Ø  Guru memberikan penghargaan pada siswa yang nilainya baik
Ø  Guru dan siswa memajang hasil karya siswa yang terbaik  (nilai diatas 8)
Sumber Belajar
v  Buku wulang Basa Indramayu penerbit Elissa Surya Dwitama halaman 38-40
v  Buku Genau Basa Indramayu penerbit Tiga Serangkai halaman 39-40
Penilaian
a.   Teknik                    : tes tertulis dan perbuatan
b.  Bentuk instrument  : tes tertulis dan penugasan
c.   Contoh instrument soal
1.     Cobi wacaen wacana puniki sing teliti !
2.     Teng alinia pinten negesaken tiyang derep
3.     Napa judule wacana wau ?

Indramayu,………………..20011

Mengetahui,
Kepala SDN Tanjungkerta II                                                                    Guru Kelas V






P A R I M A N                                                                                       T A R M I D
NIP. 195307271977031004                                                                     NIP. 198206162008011003



                                            Mata Pelajaran             : Bahasa Indramayu
                                            Kelas / Semester          : VI / II
                                            Pertemuan ke               : 2
                                            Alokasi Waktu  :           : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi     : menulis (nyerat)
Kompetensi Dasar        : menulis (nyerat) menulis aksara jawa (dentawyanjana) dan ngenal tembung
Indikator                      : -  menulis huruf jawa dengan  benar
-   meulis wilangan jawa
-   megenal tembung wilangan dan tembung ancer-ancer
Tujuan Pembelajaran   :
            Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :
-       menulis aksara jawa
-       menulis bilangan jawa
Materi Pokok                : nyerat
Metode Pembelajaran   : Tanya jawab, ceramah berfariasi,pemberian tugas
Langkah-langkah pembelajaran
a.     Kegiatan awal
Ø  Guru mengecek kondisi siswa dan kelas
Ø  Guru memfokuskan siswa pada pelajaran dengan menanyakan materi yang telah diajarkan
Ø  Menyampaikan tujuan yang akan ditempuh pada pembelajaran
b.    Kegiatan inti
Ø  Guru menyiapkan aksara jawa
Ø  Siswa membaca huruf demi huruf yang diperlihatkan
Ø  Secara kelompok siswa membuat 10 katadan 10 bilangan contoh “ nana, sada, 16,85 dll.
Ø  Setiap kelompok menukar kata tersebut dengan kelompok lain untuk diisi
Ø  Setelah selesai diisi jawabannya dikembalikan lagi untuk dikoreksi
c.     Kegiatan akhir
Ø  Guru member penguatan dan kesimpulan dari materi
Ø  Guru memberikan penghargaan pada kelompok  yang nilainya baik
Ø  Guru dan siswa memajang hasil karya siswa yang terbaik  (nilai diatas 8)
Sumber Belajar
v  Tulisan jawa
v  Buku Genau Basa Indramayu penerbit Tiga Serangkai halaman 40
Penilaian
d.  Teknik                    : tes tertulis dan perbuatan
e.   Bentuk instrument  : tes tertulis dan penugasan
f.   Contoh instrument soal
1.     Tulisen aksara teng andap puniki ngangge aksara jawa !

a.     Baba
b.    Dodo
c.     Nama
d.    dara

2.     Tuliseng nganggo wilangan jawa

a.     17
b.    26
c.     30
d.    45



Indramayu,………………..20011
Mengetahui,
Kepala SDN Tanjungkerta II                                                                    Guru Kelas V






P A R I M A N                                                                                       T A R M I D
NIP. 195307271977031004                                                                     NIP. 198206162008011003







                                           

                                            Mata Pelajaran             : Bahasa Indramayu
                                            Kelas / Semester          : VI / II
                                            Pertemuan ke               : 3
                                            Alokasi Waktu  :           : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi     : Mampu menulis karangan dengan pikiran dalam berbagai ragam bahasa jawa dan jenis karangan tertentu sesuai kaidah bahasa

Kompetensi Dasar        : menulis (nyerat) menulis aksara jawa (dentawyanjana) dan ngenal tembung
Indikator                      : -  menulis huruf jawa dengan  benar
-   meulis wilangan jawa
-   megenal tembung wilangan dan tembung ancer-ancer
Tujuan Pembelajaran   :
            Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :
-       menyebutkan tembung wilangan (kata bilangan) dan tembung ancer-ancer (kata depan)
Materi Pokok                : nyerat
Metode Pembelajaran   : Tanya jawab, ceramah berfariasi,pemberian tugas
Langkah-langkah pembelajaran
a.     Kegiatan awal
Ø  Guru mengecek kondisi siswa dan kelas
Ø  Guru memfokuskan siswa pada pelajaran dengan menanyakan materi yang telah diajarkan
Ø  Menghitung 1-50 dengan bahasa indramayu
Ø  Menyampaikan tujuan yang akan ditempuh pada pembelajaran
b.    Kegiatan inti
Ø  Guru menerangkan sekilas tentang tembung wilangan dan ancer-ancer
Ø  Guru memberikan contoh tembung wilangan dan ancer-ancer
Ø  Siswa secara berkelompok membuat kalimat yang mengandung tembung wilangan
Ø  Setiap perwakilan kelompok maju kedepan untuk membacakan hasil tugas
Ø  Siswa lain menanggapi anggota yang maju kedepan
c.     Kegiatan akhir
Ø  Menyimpulkan materi pembelajaran
Ø  Penilaian
Sumber Belajar
v  Buku Genau Basa Indramayu penerbit Tiga Serangkai halaman 40
Penilaian
a.     Teknik               : tes tertulis dan perbuatan
b.    Bentuk instrument          : tes tertulis dan penugasan
c.     Contoh instrument soal


1.     Cobi damelen ukara sederhana ngangge tembung wilangan gangsal mawon !
2.     Cobi damelen ukara sederhana ngangge tembung ancer-ancer gangsal mawon !











Indramayu,………………..20011
Mengetahui,
Kepala SDN Tanjungkerta II                                                                    Guru Kelas V






P A R I M A N                                                                                       T A R M I D
NIP. 195307271977031004                                                                     NIP. 198206162008011003



                                            Mata Pelajaran             : Bahasa Indramayu
                                            Kelas / Semester          : VI / II
                                            Pertemuan ke               : 3
                                            Alokasi Waktu  :           : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi     : menulis (nyerat)
Kompetensi Dasar        : menulis (nyerat) menulis aksara jawa (dentawyanjana) dan ngenal tembung
Indikator                      : -  menulis huruf jawa dengan  benar
-   meulis wilangan jawa
-   megenal tembung wilangan dan tembung ancer-ancer
Tujuan Pembelajaran   :
            Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :
-       menulis aksara jawa
-       menulis bilangan jawa
Materi Pokok                : nyerat
Metode Pembelajaran   : Tanya jawab, ceramah berfariasi,pemberian tugas
Langkah-langkah pembelajaran
g.    Kegiatan awal
Ø  Guru mengecek kondisi siswa dan kelas
Ø  Guru memfokuskan siswa pada pelajaran dengan menanyakan materi yang telah diajarkan
Ø  Menyampaikan tujuan yang akan ditempuh pada pembelajaran
h.    Kegiatan inti
Ø  Guru menyiapkan aksara jawa
Ø  Siswa membaca huruf demi huruf yang diperlihatkan
Ø  Secara kelompok siswa membuat 10 katadan 10 bilangan contoh “ nana, sada, 16,85 dll.
Ø  Setiap kelompok menukar kata tersebut dengan kelompok lain untuk diisi
Ø  Setelah selesai diisi jawabannya dikembalikan lagi untuk dikoreksi
i.      Kegiatan akhir
Ø  Guru member penguatan dan kesimpulan dari materi
Ø  Guru memberikan penghargaan pada kelompok  yang nilainya baik
Ø  Guru dan siswa memajang hasil karya siswa yang terbaik  (nilai diatas 8)
Sumber Belajar
v  Tulisan jawa
v  Buku Genau Basa Indramayu penerbit Tiga Serangkai halaman 40
Penilaian
j.    Teknik                    : tes tertulis dan perbuatan
k.   Bentuk instrument  : tes tertulis dan penugasan
l.    Contoh instrument soal
3.     Tulisen aksara teng andap puniki ngangge aksara jawa !

e.     Baba
f.     Dodo
g.    Nama
h.     dara

4.     Tuliseng nganggo wilangan jawa

e.     17
f.     26
g.    30
h.     45



Indramayu,………………..20011
Mengetahui,
Kepala SDN Tanjungkerta II                                                                    Guru Kelas V






P A R I M A N                                                                                       T A R M I D
NIP. 195307271977031004                                                                     NIP. 198206162008011003


Tidak ada komentar: